5/17/14

DIALOG #6 : Mr. Galaxy 니마음대로 해라.

Halo.

Kali ini postnya akan bener-bener rambling tentang EXO dan kejadian yang baru dua hari yang lalu terjadi. Singkatnya ini post-nya akan bener-bener tentang EXO dan Kris - so if you know nothing about them, absolutely skip this post and I'll be back with more posts tomorrow! :D

Jadi, seperti kita tahu beberapa hari yang lalu, tiba-tiba, engga tau darimana ada kabar kalo Kris mengajukan tuntutan buat terminate his contract (ini apalagi ya bahasa Indonesianya.) Dan ada beberapa orang yang nanya gimana keadaan Korea, do I know something about this. dan lain-lain.

Pertama-tama, tenang dulu semua Exotics! Tenang! Ini bukan bencana nasional. Jelas gue kaget dan heboh pas tahu tentang berita ini. Iyalah ya, orang engga ada kentut engga ada badai topan, tiba-tiba si fan-fan ini minta keluar dari EXO dan SM. LOH. Dan sedihnya kalau dilihat dari situasi sekarang, kayaknya semua ini benar akan terjadi. Kris EXO akan kembali jadi Wu Yi Fan :(

Buat kalo ada yang tanya gimana keadaan Korea, ya semua baik-baik aja. Ingat, tidak semua orang adalah fans EXO disini. Kejadian ini bukan seperti kejadian tenggelamnya ferry Sewolho! Yang nge-fans pastilah terguncang, tapi gue rasa sebagian besar heboh di Internet doang.

Dan satu hal yang gue tahu : apa yang mereka tahu (sebagian besar) itu juga sama seperti yang kita tahu. Maksud gue fans-fansnya, kalo orang dalem SM segala macem mereka pasti tau lebih lah yah.

Dari penglihatan gue, orang Korea banyak yang lebih main 'bias' daripada fans international. Misalnya di internasional banyak yang udah mulai kampanye 6+6=1 segala macem, orang Korea lebih mikir "ini Kris ngapain sih, bikin bias gue susah" atau "aduh si Kris ternyata gitu toh, bias gue gimana nih!" atau "omg Kris sakit banget nih, jangan-jangan bias gue juga sakit!". Ini cuma beberapa loh ya, ingat! Jadi lebih ke arah biasnya masing-masing, yang sial yah yang biasnya Kris. Namanya juga pendapat dan opini, engga salah juga sih itu.

Gue engga tau dengan fans-fans ababil lainnya, tapi buat fans-fans yang sudah cukup berumur (seperti gue. ehem, ehem) kebanyakan besar cuma bisa nunduk-nunduk dan bilang, gue support lo kemana aja deh, Wu Yi Fan. (Ada juga yang masih galau support atau engga, tapi ya engga tau lah ya itu masalah pribadi orang...) Kenapa? Karena hal ini engga terjadi sekali dua kali di SM Entertainment. Jadi apa, kebanyakan udah terbiasa! Apalagi, noona fans kebanyakan adalah lungsuran dari fans TVXQ dan Suju, mungkin malah dari HOT gitu ada kali. Kejadian ini sudah pernah terjadi!

Satu hal yang bikin gue sedih banget, pas gue iseng-iseng baca artikel Korea tentang Kris, banyak yang ngejelekin SM, tapi engga sedikit yang ngejelekin Kris juga. Ada yang bilang kalau Kris itu engga terima kasih lah, bikin EXO hancur lah, orang gila lah (dan semua ditambah dengan variasi kata-kata kasar), jujur gue kasian banget sama Kris dan berharap sampai mati dia engga usah baca itu semua. Sedang gue tahu most of the Internet said that's all SM faults.

Memang image EXO, terutama FANS-nya, di Korea itu engga begitu bagus. Orang yang gatau EXO jumlah membernya ada berapa aja bisa bilang fans-fansnys terlalu gila, freak, ganas dan cuma bisa berharap anggota EXO cepet-cepet aja pergi wajib militer. Yes, I heard it someone spoke to me like that, not once, not twice, so honestly I prefer to not tell people that I like EXO (I think most Korean do too) or if we do, we have to hear all nasty things about them. Dan kalo gue denger itu gue selalu jawab, pergi aja wamil, orang bias gue orang Cina. Weeek :p

Ok, maaf para fans EXO-K tapi benar bias gw Lay dan Tao! haha. Kalo lagi-lagi gue liat situasinya orang Korea masih lebih engga bisa terima dan mereka sepertinya lebih susah menerima Kris diluar EXO. Jadi kita liat aja gimana perkembangannya.

Ok, untuk seterusnya gue cuma akan ngeshare opini gue. Jangan di-bash ya ini cuma pendapat saja :)

I didn't considere myself as EXO biggest fan. Tapi gue tetep update dengan segala berita Kris dan gue ga tau lagi berapa kali sehari gue ngerefresh instagram buat liat instagram mereka. Gue jujur sangat susah buat berenti mikirin ini semua, dan ini hal yang paling engga gue sangka-sangka dari EXO.

Baru dua tahun mereka mulai aktifitas sebagai EXO, disaat puncak-puncak popularitas mereka, tiba-tiba semua seakan engga nyata banget. Kayak apa ya, mimpi buruk? Sayangnya ini real banget.

Masalah "cuci-otak" para member lainnya, gue rasa itu dari masalah masing-masing individu punya cara pandang. Misalnya Suho atau Tao atau yang lainnya lah, menganggap SM itu sudah memberikan mereka suatu berkat yang adalah debut dan menganggap tanpa SM - they're basically nothing. Tapi buat Kris yang besar di Kanada, semua itu bisa cuma kekangam dan apalagi sistem yang engga transparan itu (yap, I'm sure there's something wrong in SM) engga bisa dia terima. Kelakuan Kris bisa jadi dianggep sama member lainnya engga masuk akal dan "kok bisa-bisanya dia kayak gitu", dan mereka ekspresikan dengan cara update SNS mereka. Menurut gue ini lebih masuk akal daripada SNS mereka di hack atau di kontrol sama manager mereka.

Lalu yang masalah Tao bilang dia merasa dikhianati - well, ya iyalah dia merasa dikhianati. Maksudnya Kris pengen keluar tanpa diskusi dengan member-membernya. that's just harsh - they're been together all along and never talked to his friend about this lawsuit, if I were EXO member, I would felt like Kris betrayed me too. no offense. Mau bilang SM yang salah juga, SM yang buat dia keluar juga, menurut gue cerita sebelum bertindak begini kepada temen-temen lo dulu engga salah kok.

There's no good time to do a lawsuit, tapi kenapa sih mesti sekarang banget nuntutnya? Engga boleh ntar-ntar aja ya? Pas lagi engga ada aktifitas, atau, oh I don't know, EXO SOLO CONCERT? Kalo memang dia bener sakit, ok emang itu berarti harus dituntut sekarang banget. Tapi kalo engga ada alasan lain, gue rasa sekarang itu bukan waktu yang tepat untuk nuntut, kenapa? Lo ga kasian apa sama itu temen-temen lo yang mau konser. Maksudnya, emang lo bisa enak aja karena lo akan keluar, tapi emang lo engga mikir apa temen-temen lo yang akan tetep ngelanjutin jadi EXO? Ok, untungnya konsernya engga dibatalin, itu dilema juga sih, harus sedih apa seneng. Kasian juga member-membernya lagi 'ditinggal' sama satu temennya, harus latihan buat konser (I guess some parts of the choreo has to be changed since Kris is not there anymore) - tapi kalo kita mikir perasaan, itu engga profesional dong? Tapi manusia kan punya perasaan?

Makanya, semua ini rasanya engga ada yang bener, rasanya gue sendiri di dalam berantem sama diri gue sendiri. Kok gini, harusnya gitu, tapi kalo gitu, jadi gini dong! Semua ini jadi lebih susah karena apa, kita ngomongin seorang 'selebritas' - yang pekerjaannya punya efek samping : semua tentang dia harus disebar ke umum, dan kadang perasaan dan kondisi dia bukan lah yang #1. Dan menjadi seorang selebritas, engga bisa seenak jidatnya lo bilang, "ok guys, can't I just stop being famous? Can't you guys just stop talking about me?"  ya kali. Sekali jadi 'bintang' lo engga bisa lagi lari dari pandangan masyarakat. ok ini ngomongin apa sih.

Anyway, gue engga terlalu suka juga dengan pidato kemenangannya Suho di Mnet Countdown. Karena gue merasa kata-kata dia itu terlalu.. apa ya, mementingkan EXO secara keseluruhan dibanding kepentingan individu, yang adalah seseorang yang lo selalu bilang teman dan segala macam. Rasanya kayak dia bilang, gue engga peduli problemnya apa, tapi We are One lo balik gak ke EXO sekarang juga. Gue engga peduli dengan interviewnya, karena itu bisa jadi dibuat-buat sama Osen - tapi kalo itu beneran Suho yang bilang, then he contradicts himself. Teriak-teriak We are One but you're talking sh*t about the others without knowing what happened. Mari kita berharap itu di-fabrikasi.

Kalo kita lanjutin tentang ini semua, ini engga akan ada habisnya. Karena selama 2 hari ini yang gue ocehin adalah tentang hal ini doang. Maaf ya buat yang nyari info apa yang terjadi, langsung aja ke tumblr #exo karena disana sudah lengkap. Gue ingetin aja, jadilah fans yang PINTAR. Jangan percaya rumor yang engga ada basisnya karena udah keburu kesel sama SM. Ya kali ditampar si Baekhyun, itu mah udah jatuhnya kriminalitas - masa iya engga dilaporin kalo emang terjadi, he's a grown adult man! Mari kita tenang dan gunakan kepala kita, keep calm dan sortir mana berita yang mengandung fakta, atau berita yang cuma mau manas-manasin fans aja.

Menurut gue salahnya pasti ada di dua pihak, karena nasi sudah jadi bubur, let's just hope for the best, and keep open our mind lah. Dan sekarang waktu adalah jawabannya haha sok bijak banget gue. Oh iya, jujur kalo misalnya nih Kris beneran keluar bablas dari SM - I'm sorry to say, I might can't support him as much as I support him in EXO. Ini pendapat gue sekarang loh ya! Kalo ternyata nanti dia di Cina atau di Canada super keren jadinya pendapat ini bisa berubah!! Kalo memang dia lebih seneng ketika dia diluar EXO, kenapa mesti kita paksa-paksa dia di dalam EXO. Memang dia terikat kontrak (dan mestinya dibaca baik-baik itu kontraknya biar jelas!) tapi ya makanya ini susah juga ya kondisinya. AGH pusing. Pokoknya, buat kalian fans-fans Wu Yi Fan, keep strong!! xx

Maaf ya panjang dan isinya ga penting. Tidur dulu gais! Pusing! Ciao!



Where to find me :
tumblr // youtube // instagram // twitter // deviantart // dayre
xx

4 comments:

  1. sayang banget ya semua jadi kayak gini.. pdahal mereka masih tergolong baru msi butuh waktu lebih utk memperkokoh posisi mrka, meski skrang fanbase mereka udh cukup kokoh sih tapi jadi terpecah belah krn masalah ini :( aku berharap yg terbaik buat galaxy fan-fan dan 11 member lainnya utk lebih tegar menghadapi ini semua, menrut aku gak ada yg sepenuhnya salah ato benar dari pihak2 yg bersangkutan.. krn kita juga gak tau apa yg terjadi dibelakang layar kita hanya penonton saja. apapun akhir dari ini ,semga tidak akn terlalu menyakitkan bgi mereka dan para fans krn semua proses ini pasti menyakitkan bagi semua.. :(

    ReplyDelete
  2. that's like the wisest comment ever. Haha. Iya, kasian mereka, kasian kita, kasian si fan-fan. Melihat dari group2 SM yang tergolong mengalami hal yang sama, sebenernya harusnya engga kaget, but it's just too fast..

    ReplyDelete
  3. Inget hangeng :'(

    Tapi tetap mendukung gege walopun dia sudah keluar n solo karir d china

    Tapi itu keluarnya sih karena kontrak budak SM n gaji yg tdk merata

    Won ke yuan kan beda :(
    Dibayar sama SM pake kurs won
    Kasihan gege gajinya jadi kecil bgt karena musti kirim k china dikonversi k yuan

    ReplyDelete

Theme created by Sweet Lemon Grey